Malam Resepsi HUT Kemerdekaan RI ke 74 di Desa Timusu, Dirangkaikan Pesta Adat

0 0
Read Time:1 Minute, 14 Second


Pojoktimur.com – Soppeng (Sulsel) Perayaan HUT Kemerdekaan RI ke 74 Tahun ini untuk Tingkat Kec Liliriaja dipastikan berbeda dengan Tahun sebelumnya, karena tahun ini kegiatan dalam rangka HUT Kemerdekaan RI yang dipusatkan di Lapangan Muh, Yahya Desa Timusu. 

Ini untuk pertama kalinya khusus untuk Tingkat Kec Liliriaja kegiatan perayaan HUT Kemerdekaan RI ke 74 dilaksanakan diluar Ibukota Kecamatan yakni di Desa Timusu, salah satu Desa di Kab Soppeng yang memiliki lapangan cukup representatif dengan pencahayaan lampu LCD hampir 2 ribu Watt sehingga malam hari bagaikan siang’. 

Malam nanti Sabtu 17 Agustus 2019 adalah malam’penutupan sekaligus malam resepsi yang oleh Pemerintah Desa Timusu bersama Pemerintah Kec Liliriaja merangkaikan dengan acara Pesta adat berupa Mappadendang, massure dan maddoja bine ini merupakan budaya’Masyarakat Timusu pada umumnya yang ratusan tahun sudah ada dan  terjaga sampai saat ini. 

Hal ini disampaikan oleh Kepala Desa Timusu Firdaus, S. Sos, saat usai mengikuti upacara detik-detik proklamasi kemerdekaan RI di Cangadi, lanjut menurut mereka bahwa budaya ini bagian dari cerita Syangseri dan meongpalo karellae yang konon merupakan karya sastra yang lebih panjang daripada cerita Mahabarata dari India , sebagai simbol penghargaan pada masyarakat untuk Syangseri  juga sebagai bentuk ke syukuran pada yang Maha Kuasa. 
Acara adat ini juga menandai bahwa warga Timusu sangat menghargai setiap tamu yang datang, sehingga masyarakat menyiapkan segala macam menu tradisional yang biasa dihidangkan orang’orang tua kita dulu pada tamunya pada saat dilakukan Maddoja bine yang orang Bugis menyebutnya Anrian Sakke. (Ajs). 
Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Leave a Comment