Mahasiswa KKLP STIE-STMIK Lamappapoleonro Kerjasama Dukcapil Soppeng Gelar Penyuluhan Kependudukan

0 0
Read Time:1 Minute, 42 Second

Pojoktimur.com Soppeng— Mahasiswa Kuliah Kerja Lapangan Plus (KKLP) STIE-STMIK Lamappapoleonro Berkerjasama Dinas Kependudukan dan Catatan sipil (Dukcapil) menggelar penyuluhan dengan mengangkat tema ”Pentingnya Kepemilikan Dokumen kependudukan” bertempat di posko XII Desa Ganra kecamatan Ganra Kabupaten Soppeng, Sabtu(20/3/2021)

Kepala Desa Ganra Andi Wahyu Gunawan,S.Sos dalam sambutannya menyampaikan terima kasih dan apresiasi nya kepada Dinas Dukcapil Soppeng bersama Dosen pemantau KKLP STIE-STMIK Lamappapoleonro kehadiran meluangkan waktu memberikan pemahaman Kepada Masyarakat Desa Ganra serta Masyarakat yang sempat hadir. Kegiatan ini sangat penting terkait dengan Kepemilikan Dokumen Kependudukan yang wajib dimiliki oleh masyarakat terutama dalam proses pengurusan Pelayanan Publik tentunya dimasa pandemik.

“Mari tetap mendukung program Pemerintah Daerah dan tetap wajib menjaga Protokol Kesehatan sampai acara selesai”, ajak A. Wahyu.

Sementara itu, Staf Kependudukan dan catatan sipil Asriadi, A.Ma. S.Sos.S.I.Kom, Dalam Materinya mengemukakan semua jenis Pelayanan Kependudukan Kabupaten Soppeng tidak dipungut biaya Gratis dan Dinas Dukcapil selalu terbuka dengan berbagai informasi dalam proses Kepemilikan dokumen kependudukan seperti KK,KTP-EL, KIA anak,Akta Kelahiran,Akta Kematian,Akta Perkawinan Pencatatan Sipil dan SKPWNI warga negara demi membahagiakan masyarakat Soppeng

Asriadi menambahkan bahwa mulai 1 Juli 2020 belangko KK ,Akta Kelahiran,Akta Kematian pakai kertas Putih dengan tanda tangan elektronik QR CODE selain itu kartu keluarga tanda tangan manual tetap berlaku selama tidak ada perubahan elemen data dan semua KTP-EL berlaku seumur hidup apabila tidak ada perubahan elemen data KTP elektronik yang diterbitkan sejak tahun 2011 dan tidak perlu diperpanjang walaupun habis masa berlakunya kecuali rusak yang dibuktikan dengan rusak fisik,hilang yang dibuktikan dengan keterangan hilang dari kepolisian atau terjadi perubahan elemen data gelar atau status pernikahan sesuai edaran Kemendagri Nomor 470/206/SJ tanggal 29 Januari 2016 dan surat edaran Bupati Soppeng Nomor 470/41/DUKCAPIL/I/2017.

Mahasiswa KKLP STIE-STMIK Lamappapoleonro Andi Cici Riski Amanda menyampaikan terima kasih kepada Dinas Dukcapil serta kepala Desa dan masyarakat Ganra karna acara ini sangat penting dengan satu tujuan bagaimana masyarakat Ganra sadar dan paham terkait pentingnya Kepemilikan Dokumen Kependudukan dalam pengurusan Pelayanan Publik. (**)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
100 %

BERITA TERKAIT

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Leave a Comment