Sejumlah Kegiatan Warnai Peringatan Hari Jadi Desa Patampanua Ke-34

0 0
Read Time:2 Minute, 40 Second

Soppeng Pojoktimur.com— Desa Patampanua memperingati Hari Jadi ke 34 tahun dengan tema “Menjaga Stabilitas Perekonomian Melalui Produk Unggulan Desa” di Lapangan Hammade Kasim, Medde Desa Patampanua, Kecamatan Marioriawa Kabupaten Soppeng, Jumat, 17 Februari 2023.

Kegiatan diawali dengan Penyerahan Sertifikat Penghargaan kepada Kelompok Hafidz Desa Patampanua oleh Bupati Soppeng H. A. Kaswadi Razak, SE dilanjutkan pembacaan Peraturan Desa Patampanua oleh Sekretaris Desa Patampanua, Fitriadi, S.IP dan pembacaan sejarah singkat oleh Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Patampanua, Irawati.

Kepala Desa Patampanua, Amiruddin, S.Ag dalam Kegiatan ini merupakan agenda rutin masyarakat Desa Patampanua yang dilaksanakan sebagai salah satu wujud kepedulian masyarakat terhadap sejarah terbentuknya Desa Patampanua.

Peringatan hari jadi Desa Patampanua ini bertujuan untuk menjunjung tinggi nilai sejarah tentang asal usul desa, terwujudnya Visi dan Misi Desa Patampanua, Pengembangan potensi desa baik SDM dan SDA, evaluasi kegiatan tahunan melalui LPPD oleh Kepala Desa, antisipasi minimnya partisipasi masyarakat terhadap pembangunan ditengah tingginya perhatian pemerintah terhadap Desa. Sebagai wujud rasa syukur dan ungkapan terima kasih terhadap rahmat yang diberikan oleh Tuhan Yang Maha Kuasa.

Dalam pelaksanaan hari jadi ini, juga dilakukan beberapa kegiatan diantaranya pertandingan olahraga, Musabaqah Hifshil Qur’an (1 Juz, 5 Juz dan 10 Juz), persembahan dari TK, SD, MTSN, Majelis Taklim, Kelompok Pemuda, Kegiatan Donor Darah, dan Lomba Maddeppa Pelleng.

Bupati Soppeng, HA. Kaswadi Razak, SE dalam sambutannya mengucapkan selamat Hari Jadi ke 34 Desa Patampanua, serta mengapresiasi semua upaya yang telah dilakukan oleh Kepala Desa Patampanua yang mampu mendidik generasi muda menjadi penghafal Al-Qur’an. Dengan demikian, prestasi inilah yang dapat kita jadikan sebagai panutan.

Pelaksanaan kegiatan ini sebenarnya adalah suatu hal yang dapat mengingatkan kita dengan para pelaku sejarah yang telah memprakarsai Desa Patampanua ini. Namun yang tak kalah pentingnya yaitu kegiatan ini merupakan ajang silaturahmi bagi kita semua dimana telah hadir para Camat, Kepala Desa/Lurah se Kab. Soppeng, Ketua Abdesi Kab. Soppeng sehingga kita dapat saling bahu membahu untuk membangun desa dan Kab. Soppeng secara umumnya. Kita adalah pelayan masyarakat sehingga kapanpun kita dibutuhkan kita harus ada untuk masyarakat karena inilah bentuk pengabdian kita kepada bangsa dan Negara.

Terkait masalah yang kita hadapi saat ini yaitu masalah stunting yang tinggi, sebenarnya semua tergantung dari tingkat kesadaran dan kepedulian kita terhadap keluarga dan anak-anak kita. Ini bukan hanya tanggung jawab orang tua, tapi juga merupakan tanggung jawab kita semua. Sehingga kami meminta semua SKPD memiliki Desa yang menjadi tanggung jawabnya dengan harapan agar dapat meringankan beban saudara kita.

Pada kesempatan ini pula, saya minta kepada para Camat, Kepala Desa/Lurah se Kabupaten Soppeng agar mengingatkan masyarakat agar hati-hati mengeluarkan stok pangan untuk mengantisipasi kemungkinan yang akan terjadi kedepan. Jangan sampai kita menjual semua hasil panen karena tergiur dengan harga yang tinggi, namun pada akhirnya nanti kita harus membeli dengan harga yang lebih tinggi. Oleh karena itu, mari saling mengingatkan dan jika perlu mari kita memanfaatkan lahan yang sudah ada dengan menanam bahan pangan.

Pada acara tersebut juga dilakukan penyerahan Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Desa (LPPD) dan cincin permata tampaning sebagai simbol hari jadi desa oleh Kepala Desa Patampanua kepada Ketua BPD Desa Patampanua. Serta dilakukan acara “Madeppa Pelleng” yang dilakukan oleh Bupati Soppeng, Wakil Bupati Soppeng, Ketua DPRD Kabupaten Soppeng, Camat Marioriawa, dan Ketua Abdesi Kabupaten Soppeng.(**)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

BERITA TERKAIT

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Leave a Comment