Survei LSI Denny JA: Elektabilitas Prabowo Kuasai 3 Provinsi Besar, ungguli Ganjar dan Anies

0 0
Read Time:1 Minute, 16 Second

Jakarta Pojoktimur.com— Hasil survei terbaru Lembaga Survei LSI Denny JA menyatakan Ketua Umum Partai Gerindra yang juga Menteri Pertahanan RI, Prabowo Subianto unggul di tiga provinsi besar Indonesia, yaitu Jawa Barat, Sumatera Utara dan Banten.

Prabowo mengungguli dua kandidat lainnya yaitu Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Dijelaskan dalam rilis hasil survei ini Senin (29/5/2023) secara daring via YouTube bahwa lima provinsi terbesar di Indonesia adalah Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, Sumatera Utara, dan Banten. Jumlah pemilih di lima provinsi terbesar ini mencapai 57,6% dari populasi nasional.

Prabowo unggul di Jawa Barat dengan perolehan 29%, Sumatera Utara dengan perolehan 50,0%, dan Banten 48,2%.

Di provinsi Jawa Barat, Ganjar dan Anies masing-masing mendapatkan 15,0% dan 26,3%. Di Sumatera Utara keduanya masing-masing mendapatkan 16,2% dan 32,6%. Di Banten, Ganjar dan Anies masing-masing 4,3% dan 17,5%.

Sementara itu untuk dua provinsi lainnya Ganjar unggul di Jawa Timur 35,3% dan di Jawa Tengah 55.2%.

“Di dua provinsi ini Ganjar mendapatkan dukungan terbesar. Namun dominasi Ganjar di Jawa Tengah dan Jawa Timur bisa tergerus. Ini akan terjadi jika di dua provinsi terbesar itu menjadi pertarungan relawan Jokowi pro Prabowo vs relawan Jokowi pro Ganjar,” tulis laporan tersebut.

Survei LSI digelar pada 3 hingga 14 Mei 2023 dengan melibatkan 1.200 responden. Sample survei diambil dengan metode _multi-stage random sampling_.

Metode survei dilakukan dengan wawancara tatap muka menggunakan kuesioner. Adapun _margin of error_ survei +/- 2,9%.(**)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

BERITA TERKAIT

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Leave a Comment