PMI Kabupaten Soppeng Gelar Jumbara Palang Merah Remaja di Waessuru

1 0
Read Time:2 Minute, 24 Second

Soppeng Pojoktimur.com— Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Soppeng menggelar kegiatan Jumpa Bhakti Gembira (Jumbara) Palang Merah Remaja (PMR) tingkat Kabupaten Soppeng di Tapparengnge Dusun Waessuru Desa Umpungeng Kecamatan Lalabata, Kamis (5/10/2023).

Bupati Soppeng HA Kaswadi Razak SE Dalam sambutannya setelah membuka secara resmi kegiatan tersebut, mengungkap, Jumbara tingkat Kabupaten Soppeng menjadi penanda bangkitnya kembali PMI Kabupaten Soppeng yang sempat vakum dan mati suri beberapa tahun.

“Kita ketahui bersama, baru tiga tahun terakhir ini PMI Kabupaten Soppeng kembali berkiprah setelah sempat mati suri beberapa tahun, hal ini disebabkan kevakuman kepengurusan PMI yang berimbas terhadap pembinaan kegiatan ekstrakurikuler Palang Merah Remaja di sekolah sekolah”

“Namun seiring dengan waktu dan dilandasi semangat kemanusiaan dan tanggung jawab moral serta sinergitas antara PMI dan Pemerintah Kabupaten Soppeng serta masyarakat. PMI Kabupaten Soppeng kembali eksis sebagai organisasi kemanusiaan dan eksis dalam upaya membangkitkan kembali kegiatan Palang Merah Remaja yang ada di sekolah sekolah” Jelasnya

HA Kaswadi Razak berharap, melalui momentum Jumbara PMR tingkat Kabupaten Soppeng maka diharapkan jiwa kemanusiaan generasi penerus bangsa tumbuh dan berkembang sejak dibangku sekolah.

“Karena itu, saya mengharapkan agar semua tingkatan sekolah mulai dari PMR Mula, Madya dan Wira terus berbenah dan mengembangkan kegiatan PMR disekolahnya masing masing sehingga PMR di Kabupaten Soppeng bisa lebih maju dan berorestasi” Tutup kaswadi.

Sementara, Ketua PMI Soppeng yang juga Sekda Soppeng HA Tenri Sessu MSi menyebut bahwa sejatinya kegiatan Jumbara ini adalah bentuk evaluasi pembenahan PMR di tingkat sekolah.

“Jumbara ini juga merupakan penyeragaman materi materi Palang Merah Remaja yang mungkin selama ini mengalami banyak perbedaan dan persepsi. Setelah Jumbara ini selesai diharapkan peserta dapat mengintensifkan latihan rutin PMR di sekolah masing masing” ujarnya

Di tempat yang sama, Ketua Panitia Pelaksana Jumbara PMR tingkat Kabupaten Soppeng Muhammad Husni SPd MPd dalam laporannya menyebut peserta yang mengikuti Jumbara ini sebanyak 810 Anggota PMR dan 233 pembina.

“Adapun rincian pesertanya terdiri dari PMR Mula(SD/MI) 260 orang, PMR Madya (SMP/MTS) 420 orang dan PMR Wira (SMA/SMK/MA) 130 orang serta 233 pembina dari semua tingkatan PMR”ungkapnya

Dari laporan yang disampaikan Muhammad Husni diketahui bahwa ragam kegiatan yang dilaksanakan dalam Jumbara yang akan berlangsung dari tanggal 5 Oktober hingga 8 Oktober 2023 ini dibagi ke dalam tiga bagian masing masing Item Jumpa yang terdiri dari Yout Station, Jurnalistik Remaja, Kewirausahaan Sosial, Remaja Tangguh dan Forpis Talk Corner, Item Bakti yang terdiri dari Bakti Masyarakar dan lingkungan, Pameran dan Tukar Hasil Karya, Poster Remaja dan Mading Kontingen, Item Gembira yang terdiri dari Oarade Budaya, Jumbara Got Talent, Youth In Action, Dapur Kreasi Sehat dan Olahraga Raga Gembira.

Dalam acara ini juga dilakukan pemberian penghargaan terhadap pendonor darah yang telah mendonirkan darahnya sebanyak 10 kali dan pendonor yang telah mendonirkan darahnya sebanyak 25 kali.

Acara pembukaan Jumbara ini nampak dihadiri Ketua DPRD Soppeng, Kapolres Soppeng, Dandim 1423 Soppeng, Kejari Soppeng, Pimpinan BUMN/BUMD sejumlah Kepala SKPD, Kepala Desa Umpungeng dan sejumlah undangan lainnya.(**).

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

BERITA TERKAIT

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Leave a Comment