Percepat Digitalisasi Sekolah, SMPN 1 Watansoppeng Rancang Beragam Media Pembelajaran Berbasis IT

1 0
Read Time:1 Minute, 19 Second

Soppeng Pojoktimur.com— Sebagai salah satu sekolah penggerak angkatan pertama di kabupaten Soppeng, SMP Negeri 1 Watansoppeng  mempercepat akses digitalisasi sekolah dengan menggunakan berbagai macam media pembelajaran berbasis IT.

Hal ini bertujuan  untuk meningkatkan efisiensi, mengurangi kompleksitas, menambah inspirasi, serta melakukan pendekatan yang sesuai dengan kondisi lapangan.

Menurut Kepala SMP Negeri 1 Watansoppeng, Supriyadi Usman, S.Pd, M.Pd, Program Sekolah Penggerak berfokus pada pengembangan hasil belajar siswa secara holistik yang mencakup kompetensi (literasi dan numerasi) dan karakter, diawali dengan SDM yang unggul (kepala sekolah dan guru).

“Bertolak dari hal tersebut, untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan kompetensi sumber daya di sekolah, maka kami  merancang berbagai program terutama yang berbasis teknologi, seperti pembuatan media pembelajaran”jelas Supriyadi kepada pojoktimur.com. (sabtu, 28/10/2023).

“Program peningkatan dan pengembangan kompetensi IT pendidik dirasa sangat penting mengingat sekarang adalah era teknologi digital. Para guru harus memiliki IT yang memadai agar dapat mengakses dengan mudah program-program yang berbasis teknologi, sehingga proses pembelajaran lebih berkualitas, efektif, dan efisien”, lanjutnya.

Supriyadi Usman menambahkan bahwa, Untuk menunjang hal tersebut, sekolah mengadakan pelatihan-pelatihan pembuatan media pembelajaran interaktif dengan menggunakan “ canva, quizizz, Class point, pengenalan program AI, yang diikuti dengan antusias oleh guru-guru.
Selain itu, demi kelancaran penerapan hasil pelatihan tersebut, sekolah juga menyediakan fasilitas di setiap ruang kelas seperti melengkapi semua kelas dengan komputer, akses wifi, audio visual (Televisi cerdas, Sound System)

Supriyadi Usman berharap, dengan sarana dan prasarana yang begitu lengkap dan setelah mengenal beragam aplikasi pembuatan media pembelajaran berbasis IT, dapat mempermudah dalam proses pembelajaran di kelas serta menciptakan pembelajaran yang lebih menyenangkan bagi peserta didik.(**)

 

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

BERITA TERKAIT

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Leave a Comment