Tingkatkan Minat Baca Siswa,  SDN 22 Jerae Terus Berusaha Manfaatkan  Sudut Baca

0 0
Read Time:1 Minute, 35 Second

Soppeng Pojoktimur.com— Dalam rangka  meningkatkan Minat baca peserta didik, SDN 22Jerae  Lalabata Kabupaten Soppeng terus memanfaatkan  sudut baca  dengan berbagai cara

Minat baca anak akan meningkat apabila dihadapkan dengan bacaan yang sesuai dengan kebutuhannya. Oleh karena itu guru perlu memahami kebutuhan anak dalam membaca. Selain perpustakaan sekolah. Pemanfaatan sudut baca  juga sangat berperan penting, utamanya kegiatan literasi yang ada di kelas.

Penyusunan buku harus menarik
Buku bacaan fiksi maupun non fiksi yang sesuai jenjang usia/kelas anak
Penataan sudut baca harus indah dan menarik Pelibatan guru sebagai pendamping atau model
cara tersebut sudah diterapkan oleh guru agar dapat menumbuhkan minat baca siswa, dengan adanya cara tersebut terdapat perubahan pada siswa yang sebelumya mau berkunjung ke sudut baca hanya karna ditugaskan guru, tetapi dengan adanya cara tersebut siswa ada kemauan berkunjung ke sudut baca untuk menambah wawasan dengan membaca, dan mencari buku dalam mengerjakan tugas.

Menurut Kepala Sekolah SDN 22  Jera’e A.Eka Purnamasari.M.Pd, (senin, 30/10/2023), Ada beberapa cara guru yang dapat membantu peserta didik untuk memanfaatkan sudut
baca kelas, antara lain:
a. Membuat dan menyepakati peraturan untuk mengunakan/membaca koleksi buku di sudut baca kelas.
b. Mengembangkan bahan karya teks , berupa karya siswa dalam
pembelajaran di kelas, program sekolah, dan memajangnya.
c. Mengajak peserta didik memilih buku untuk dibaca mandiri atau dibacakan nyaring oleh guru dalam kegiatan 15 menit membaca sebelum pembelajaran dimulai.

“Minat baca siswa tidak akan berjalan dengan sendirinya, melainkan perlu adanya kesadaran pada diri sendiri, kebiasaan, dan latihan untuk selalu membaca serta peran guru
untuk mendorong siswa untuk membaca. Dan hal ini tidak terlepas dari kuantitas dan kualitas bahan bacaannya. Dengan peningkatan minat baca diharapakan juga bisa seiring dengan peningkatan nilai literasi assesmen Nasional”.

A.Eka Purnamasari menambahkan SDN 22 Jerae sangat mendukung adanya pengembangan sudut baca. Maka tidak pernah lelah guru untuk terus memotivasi dan mendorong semangat siswa untuk terus membaca serta terus memperbaiki sistem pemanfaatan sudut baca ini.(**)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

BERITA TERKAIT

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Leave a Comment