SDN 4  Kalenrunge Soppeng Latih Kreatifitas Siswa dengan Belajar Membuat Batik Ecoprint

3 0
Read Time:1 Minute, 4 Second

Soppeng Pojoktimur.com— Siswa kelas 5 SD Negeri 4 Kalenrunge Kecamatan Lalabata Kabupaten Soppeng  berlatih membuat batik ecoprint sebagai wujud penerapan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila atau P5 pada kurikulum Merdeka, Sabtu (4/11/2023).

Ecoprint merupakan sebuah teknik cetak dengan pewarnaan kain alami yang cukup sederhana namun dapat menghasilkan motif yang unik dan otentik. Prinsip pembuatannya adalah, melalui kontak langsung antara daun, bunga, batang atau bagian tubuh lain yang mengandung pigmen warna dengan media kain tertentu.

Pada kegiatan tersebut, siswa menempelkan daun-daunan yang diinginkan pada kain yang dibentangkan, Lalu dipukul perlahan dengan menggunakan palu hingga warna daun menempel pada kain kemudian  daun-daunan diangkat dengan hati-hati, setelah itu direndam dalam larutan tawas, lalu Jemur kain hingga benar-benar kering.

Menurut Kepala SDN 4 Kalenrunge Hj. Suarni Beddu, S.Pd, kegiatan ini dalam rangka proyek P5 dengan tema Kewirausahaan,  mengurangi sampah plastik dengan menghadirkan tas ramah lingkungan yang estetik sesuai desain masing-masing

Selain itu, Peserta didik dapat menghasilkan sebuah karya multi guna yang bisa dipasarkan dan bisa dimanfaatkan untuk kegiatan sehari hari, melatih kreatifitas anak untuk memanfaatkan lingkungan alam sekitar (daun daun) dalam menghasilkan karya multiguna dan bernilai ekonomi

Suarni berharap, dengan pembelajaran atau pelatihan dasar itu, siswa bisa mengembangkan dan berkreasi dan ke depan menjadi salah satu wujud apresiasi jiwa seni.(**)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

BERITA TERKAIT

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Leave a Comment