Kombel Mappadeceng SMPN 5 Marioriawa Gelar Pelatihan Tentang Pembelajaran Berdiferensiasi

0 0
Read Time:1 Minute, 6 Second

Soppeng Pojoktimur.com– Komunitas Belajar (Kombel) Mappadeceng SMPN 5 Marioriawa Kabupaten Soppeng menggelar pelatihan tentang Pembelajaran Berdiferensiasi, Sabtu, (26/2/2023)

Kegiatan yang dibuka oleh Kepala Sekolah SMPN 5 Marioriawa, Rahmatiah S.Pd. ,M.Pd  tersebut diikuti seluruh  tenaga pendidik lingkup SMPN 5 Marioriawa dengan Pemateri ketua Komunitas belajar (Kombel) Sunarmi, S.Si.

Sunarmi, S.Si, dalam materinya menjelaskan bahwa, Pembelajaran berdiferensiasi merupakan pembelajaran yang
mengakomodir kebutuhan belajar murid, Guru memfasilitasi murid sesuai dengan kebutuhannya, karena setiap murid mempunyai karakteristik yang berbeda beda, sehingga tidak bisa diberi perlakuan yang sama.

Menurutnya, untuk dapat menerapkan pembelajaran berdiferensiasi di kelas, hal yang harus dilakukan oleh guru di antaranya: Melakukan pemetaan kebutuhan belajar berdasarkan tiga aspek, yaitu kesiapan belajar, minat belajar, dan profil belajar murid (bisa dilakukan melalui wawancara, observasi, atau survey menggunakan angket, dil).

Selain itu Guru wajib Merencanakan pembelajaran berdiferensiasi berdasarkan hasil pemetaan (memberikan bebagai pilihan baik dan strategi, mater, maupun cara belajar) serta Mengevaluasi dan merefleksi pembelajaran yang sudah berlangsung.

Sunarmi menambahkan bahwa, untuk mengatasi masalah terkait Pembelajaran Berdiferensiasi:
Terus belajar dan berbagi pengalaman dengan teman sejawat lainnya yang mempunyai masalah yang sama dengan kita
(membentuk Learning Community), Saling mendukung dan memberi semangat dengan sesama teman sejawat. Menerapkan apa yang sudah kita peroleh dan bisa kita terapkan meskipun belum maksimal. Terus berusaha untuk mengevaluasi dan memperbaiki proses pembelajaran yang sudah diterapkan.(**)

Happy
Happy
100 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

BERITA TERKAIT

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Leave a Comment