Penuhi Kebutuhan Air Petani,  Anggota Koramil-03/Lilirilau Bersama Warga Bersihkan Saluran Irigasi

0 0
Read Time:1 Minute, 21 Second

Soppeng Pojoktimur.com—  Dalam rangka mendukung program pemerintah tentang swasembada pangan di wilayah binaan dan untuk memperlancar sistem pengairan areal sawah personel Koramil-03/Lilirilau bersama anggota Poktan Cempa yang diketuai oleh bapak Syarifuddin laksanakan kerja bhakti penggalian saluran irigasi sepanjang 100 meter yang mengairi sawah seluas 20 hektar  di Dusun Cempa, Desa Paroto, Minggu (25/02/2024).

Ws. Danramil 03/Lilirilau Serma Ngadi Wahono dalam kegiatan tersebut menyampaikan kebutuhan air di areal persawahan tidak boleh dipandang sebelah mata walaupun tanaman padi tidak begitu banyak membutuhkan air karena tanaman padi merupakan tanaman basah.

Saluran irigasi baik sekunder maupun tersier harus dirawat dengan baik secara kontinyu agar lancar dalam membawa arus air dari hulu hingga hilir seperti yang diharapkan para petani di wilayah binaan.

Saya sudah mengarahkan Babinsa agar berkolaborasi bersama PPL untuk selalu memberi terobosan dan arahan kepada para petani dalam mendukung program swasembada pangan khususnya padi, jagung dan kedelai harus sukses dan berdaulat sehingga kita tidak ketergantungan dari pihak manapun. Karena dengan kecukupan pangan situasi akan berjalan kondusif dan normal dalam lingkungan masyarakat “tutupnya”.

Ditengah-tengah kegiatan Sertu Herianto selaku Babinsa Paroto mengatakan“Hari ini, bersama kelompok tani Cempa Desa Paroto membersihakn saluran irigasi yang sudah tersumbat tanah, ini dilakukan dengan cara di angkat gunakan cangkul dan ada juga yang pakai tangan untuk mencabut rumput liar.

Karena saat ini seluruh petani sedang fokus menggarap sawah jadi, segala hal sangat perlu diperhatikan, apabila saluran air kurang maksimal maka bisa berdampak kepada pertumbuhan padi nantinya.

“Alhamdulillah, seluruh petani yang tergabung di poktan Cempa turun bersama-sama baik itu, mak-mak maupun dari bapak-bapak mereka bersemangat untuk membersihkan irigasi yang sudah tersumbat,”pangkasnya”.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

BERITA TERKAIT

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Leave a Comment