SMP Muhammadiyah Leworeng  Asah Kreativitas Siswa  Melalui Gerakan Ekonomi Sirkular

0 0
Read Time:1 Minute, 30 Second

Soppeng Pojoktimur.com—- Dalam upaya mengasah kreatifitas siswa, SMP Muhammadiyah Leworeng  melaksanakan P5 dengan mengusung tema “Gaya Hidup Berkelanjutan” dengan topik Gerakan Ekonomi Sirkular Spemul (GESS). Melalui gerakan ekonomi sirkular. Kita ubah sampah plastik menjadi kursi.

Menurut Wakil Kepala Sekolah SMP Muhammadiyah Leworeng Hj Rahmatina, S.Pd kepada wartawan (Selasa, 04/06/2024), kegiatan ini merupakan Program Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila ( P5 ). Kegiatan ini diikuti oleh Siswa kelas 7 dan Kelas 8 agar anak-anak bisa kreatif dan menuangkan inovatifnya, dimana kursi dari limbah botol plastik ini menurutnya cukup kokoh jika diduduki.

“Jika dilihat dari fisik kursi tersebut tampak kursi terbuat dari susunan botol bekas air mineral. Botol air mineral diisi dengan bubuk kayu yang habis disolmer setelah padat bagian atas botol di tutup”

“Ini unik sekali, sampah disulap jadi kursi dan tentunya ini mengurangi populasi sampah plastik. Memanfaatkan limbah sampah dengan cara daur ulang adalah salah satu cara untuk menjaga kebersihan lingkungan dari sampah,”ujar Hj Rahmatina

Sementara, Kepala Sekolah SMP Muhammadiyah Leworeng Tawir, S.Pd mengungkapkan pihaknya berencana akan menggelar Pameran Kreasi siswa SMP Muhammadiyah Leworeng tanggal 21 Juni 2024 yang dirangkaikan penamatan siswa.

“Harapannya, Pak Wakil Bupati Soppeng bisa membuka pameran mini karya siswa siswi SMP Muhammadiyah Leworeng dan memberikan arahan” ujar Tawir, S.Pd

Masing-masing Wali kelas bertanggung jawab dalam kegiatan pembuatan kursi ini diantaranya Wali kelas 7A Ilham Erik, S.Pd, wali kelas 7B Muh. Jamal Yusuf, S.Pd, wali kelas 7C Asriani Rasyid, S.Pd, wali kelas 8A Nurlina,S.Pd, Wali kelas 8B Asriani Syam, S.Si, wali kelas 8C Sitti Fatimah, S.Pd

Dalam kesempatan ini, Tawir mengimbau agar pengelolaan limbah sampah dapat dioptimalkan khususnya di sekitar lingkungan sekolah demi menjaga lingkungan yang asri dan indah.

“Dengan begitu dapat mengurangi penimbunan sampah plastik yang dapat mencemari lingkungan” pungkas Tawir.(**)

 

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

BERITA TERKAIT

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Leave a Comment