Bappelitbangda Gelar Pertemuan Terkait Penyelarasan Pembangunan Kebupaten Soppeng Tahun 2025

0 0
Read Time:2 Minute, 12 Second

Soppeng Pojoktimur.com— Bappelitbangda Soppeng Menggelar pertemuan terkait Penyelarasan Pembangunan Daerah Kabupaten Soppeng Tahun 2025 dan Capaian Kinerja Pembangunan Tahun 2023 dan 2024 (TW II) di Aula Kantor Gabungan Dinas Kabupaten Soppeng Rabu, 10 Juli 2024.

Kepala Bappelitbangda Soppeng, Andi Agus Nongki, S. IP, M.Si., dalam laporannya menjelaskan tentang Indikator Kinerja Utama (IKU) dalam RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah) Kabupaten Soppeng Tahun 2021-2026 yang terdapat 6 tujuan dengan 7 indikator serta 11 sasaran dengan 18 indikator sasaran.

Adapun tujuan dalam RPJMD tersebut, pertama yaitu memenuhi hak warga negara dalam memperoleh layanan minimal untuk hidup secara layak dengan cara meningkatkan sarana/prasarana SPM (standar pelayanan minimal) pelayanan dasar dan non pelayanan dasar.

Kedua, meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) yang perlu untuk dipertahankan atau peningkatan dalam pengukuran IPM seperti angka harapan hidup, rata-rata lama sekolah, angka melek huruf maupun pengeluaran perkapita.

Ketiga, meningkatkan produktivitas perekonomian dan pendapatan masyarakat secara merata. Di tahun 2023 indeks gini mengalami peningkatan seiring dengan meningkatnya harga sejumlah komoditas utama, seperti beras.

Keempat, memperkuat kapasitas infrastruktur serta keamanan dan ketertiban daerah dalam mendukung fasilitas ekonomi wilayah, dapat dilakukan dengan perlunya dukungan dalam pemenuhan kebutuhan data dalam menghitung Indeks daya saing infrastruktur sehingga realisasi capaian kinerja tersebut dapat dihitung.

Kelima, meningkatkan kualitas reformasi birokrasi secara inovatif. Keenam, memelihara daya dukung sumber daya alam dan daya tampung lingkungan hidup. Dengan demikian diperlukan peningkatan daya dukung dan daya tampung lingkungan melalui Penerapan Prinsip Sustainable Development Goals (SDG’S) Berdasarkan Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup.

Oleh karena itu, saya berharap kepada para pemangku kepentingan agar dalam menjalankan program RPJMD Kan. Soppeng dilakukan dengan penuh dedikasi dan komitmen untuk mencapai hasil yang optimal”,  ungkapnya

Bupati Soppeng HA. Kaswadi Razak, SE  dalam sambutannya  mengatakan bahwa, Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) diperlukan pemahaman tentang target tahunan apa yang akan dilakukan untuk mencapai RPJMD yang telah ditetapkan. Sehingga pertemuan ini tidak lain bertujuan untuk mencari strategi untuk meningkatkan capaian yang telah dicapai dan mencari solusi atas capaian yang belum tercapai.

“Oleh karena itu, saya menekankan pentingnya pemahaman ASN dan para pejabat terhadap tanggung jawab dan tugas mereka masing-masing untuk mencapai hasil yang diinginkan.” ujar Kaswadi.

Kaswadi berharap setelah masa jabatannya berakhir, para ASN dapat menjalankan tugas dan tanggung jawab dengan sebaik-baiknya dan jika nantinya ada yang bertanya maka akan menjawab dengan baik karena tupoksi kerjanya telah dipahami.

“Saya ingin meninggalkan ASN yang siap pakai dan kompeten untuk Bupati terpilih selanjutnya”. tutup Kaswadi.

Turut hadir, Pj. Sekda Kabupaten Soppeng, para Kepala SKPD, para Pejabat Eselon III, Para Camat, Para kepala Desa/Lurah se Kabupaten Soppeng, Kepala UPT Puskesmas se Kabupaten Soppeng.(**)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

BERITA TERKAIT

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Leave a Comment