Peduli Kesehatan Anak, TP-PKK Soppeng Gelar Sosialisasi Pencegahan Stunting

0 0
Read Time:1 Minute, 58 Second

Pojoktimur.com Soppeng— Kelompok Kerja(Pokja) IV Tim Penggerak PKK Kabupaten Soppeng menggelar Sosialisasi Peduli penanggulangan,  pencegahan stunting dan gizi buruk diruang rapat gabungan dinas jalan salotungo watansoppeng, Selasa(03/11/2020).
Stunting merupakan suatu kondisi anak yang megalami pertumbuhan yang kurang baik, hal ini dapat terjadi ketika masih berada di dalam kandungan, kondisi ini diakibatkan oleh asupan ibu selama kehamilan yang kurang berkualitas sehingga nutrisi yang diterima janin sedikit, dan  pertumbuhan di dalam kandungan mulai terhambat dan terus berlanjut setelah kelahiran, tidak hanya itu stunting juga dapat terjadi pada anak  masih di bawah umur 2 tahun yang tidak diberikan ASI eksklusif maupun MP-ASI yang diberikan kurang mengandung zat gizi yang berkualitas.

Ketua PKK Kab. Soppeng, Fitri Aryanti Idam, SE  dalam sambutannya menjelaskan masalah gizi adalah masalah kesehatan masyarakat yang penanggulangannya tidak dapat dilakukan dengan pendekatan medis dan pelayanan kesehatan saja, tetapi masalah gizi di samping merupakan sindrom kemiskinan yang erat kaitannya dengan masalah ketahanan pangan di tingkat rumah tangga dan juga menyangkut aspek pengetahuan serta perilaku yang kurang mendukung pola hidup sehat.
“Dengan demikian, keadaan gizi masyarakat mempengaruhi tingkat kesehatan dan umur harapan hidup yang merupakan satu unsur utama dalam penentuan keberhasilan pembangunan negara yang dikenal dengan istilah human development index”, tuturnya.
“Marilah kita  berkomitmen bersama untuk melakukan penanggulangan dan pencegahan stunting, agar dapat menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas dan berdaya saing tinggi. Olehnya itu, saya  berharap kepada seluruh peserta untuk mengikuti secara seksama sosialisasi ini sampai selesai” harapnya.
Sementara Ketua Panitia Musyawarah Sulastri  dalam laporannya menjelaskan maksud dan tujuan diselenggarakannya kegiatan ini untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terkait tumbuh kembang anak sejak dini.
“Waktu pelaksanaan terdiri dari 2 angkatan yaitu tanggal 3 – 4 November 2020 bertempat di Ruang Rapat Gabungan Dinas Kab. Soppeng dan Jumlah peserta sebanyak 263 orang dengan 2 angkatan yang terdiri dari SKPD terkait Stunting, Kepala Puskesmas, TP PKK Kabupaten, TP PKK Kecamatan, Organisasi Wanita dan Kepala Desa”, jelasnya.
Adapun Narasumber dalam sosialisasi tersebut yaitu dr. Hj. Fadilla, Sp. OG (Konsultan), dr. Ramlah Burhanuddin, Sp GK, M.Kes, dan Makmur Said, SH.
Turut hadir para Kepala OPD (terkait Stunting) se Kab. Soppeng, para Kepala Puskesmas se Kab. Soppeng, Para Ketua Pokja se Kab. Soppeng, para Ketua Organisasi Wanita se Kab. Soppeng, Para Ketua TP. PKK Kecamatan, para Kepala Desa se Kab. Soppeng, Ketua TP. PKK Desa/Kel. Se Kab. Soppeng.(**)
Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

BERITA TERKAIT

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Leave a Comment